Sabtu, 04 Oktober 2014

(Macau) Mengapa Anda Harus Berlibur ke Macau?


Terkadang orang mengira bahwa Macau adalah sebuah negara yang berdiri sendiri. Padahal Macau adalah sebuah daerah/kota yang menjadi bagian dari negara Tiongkok (Cina) dan memiliki keistimewaan khusus atau special administrative city. Seperti hal nya Hongkong, Macau dapat mengatur pemerintahannya sendiri dengan otonomi terbatas.

Kebudayaan Macau

Macau memiliki kebudayaan yang sangat menarik karena merupakan perpaduan antara kebudayaan Portugis dan kebudayaan asli Tiongkok. Perpaduan ini menciptakan suatu kebudayaan yang tiada duanya di dunia. Macau dapat dikatakan sebagai Eropa nya Asia. Mengapa? Sebab meskipun Macau berada di kawasan Asia, kita dapat melihat bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa seperti Ruins of St. Paul's, AMA Cultural Village, Holy House of Mercy (Santa Casa da Misericordia) dan lainnya.  Kebudayaan Macau yang unik inilah yang kemudian membuat UNESCO menjadikan Macau sebagai kawasan situs budaya UNESCO World Heritage di tahun 2005.

Seni Pertunjukan Modern

Selain kebudayaannya, Macau juga terkenal dengan seni pertunjukan modern yang fantastis. Dragon's Treasure adalah salah satu show yang cukup menakjubkan di Macau. Seperti apa pertunjukannya?

Memasuki ruangan yang gelap akan membuat kita bertanya-tanya dalam hati. Pertunjukan seperti apa yang akan dilihat? Petugas akan mengarahkan penonton yang memasuki ruang dengan baik, meminta untuk mengisi ruang-ruang kosong yang ada. Hanya ada terali besi yang melingkar sebagai pegangan dan juga pembatas bagi orang-orang yang memasuki kegelapan. Tidak ada tempat duduk yang disediakan sehingga semua orang harus berdiri. Setelah semua tempat terisi dan tidak ada lagi yang akan memasuki ruang, pintu pun ditutup.

Penonton baru akan menyadari bahwa ruangan berbentuk bulat 360 derajat ketika pertunjukan dimulai. Serasa berada di dalam bola tanpa ada sudut ruang.  Kehadiran sang Naga yang tiba-tiba cukup mengejutkan, apalagi ia seperti bisa berbicara dengan kita. Naga tersebut berwarna emas dan sangat memukau. Selama sekitar 15-20 menit ke depan, penonton akan disuguhkan cerita tentang sang Naga dan hartanya. Penonton akan dibawa jauh ke dasar lautan dan merasakan kehidupan di dalam laut. Dalam cerita Dragon's Treasure, sang Naga akan beratraksi sedemikian rupa berkejaran di antara dinding dalam ruangan. Terkadang sang Naga akan muncul dari atas, bawah, bahkan di samping Anda. Jangan kaget kalau tiba-tiba ada semburan api keluar dari Naga yang marah. Seru bukan? Semua ruang dinding adalah layar bagi pertunjukan ini.

Dragon Treasure juga dikenal dengan The Bubble. Pengunjung dapat menonton The Bubble di kawasan City of Dreams Hard Rock Hotel. Tepatnya di bagian loby depan. Biaya  untuk menonton The Bubble gratis bagi tamu yang menginap di hotel kawasan City of Dreams. Sedangkan bagi pengunjung luar dapat membayar sebesar MOP50 atau $50 HKD atau setara dengan Rp75-80 ribu untuk dewasa.

Ada pula pertunjukan modern lainnya, seperti The House of Dancing Water, Nam Van Lake Cybernetic Fountain, Water Fountain Show, dan sebagainya yang tentunya juga memberikan pertunjukan memukau seperti halnya Dragon Treasure.

Biaya Murah Menjangkau Eropa dan Asia

Eropa adalah suatu benua yang tentunya ingin dikunjungi sebagian besar orang terutama wisatawan dari Asia. Eropa memiliki kebudayaan yang indah, menakjubkan dan berbeda dengan kebudayaan Asia, sehingga membuat orang ingin melihat kebudayaan tersebut.

Namun, biaya liburan untuk ke Eropa sangat fantastis. Harganya sangat mahal bagi sebagian wisatawan Asia ditambah pula dengan adanya perbedaan nilai mata uang rata-rata negara di kawasan Asia yang cukup tinggi, khususnya Indonesia. Kurs rupiah bila dibandingkan dengan euro ataupun poundsterling sangat signifikan, jaraknya bagaikan langit dan bumi. Kurs euro atau poundsterling saat ini bila dibandingkan dengan rupiah adalah sekitar Rp15 ribu an untuk 1 euro (EUR) atau sekitar Rp19 ribu an untuk £1 (poundsterling/GBP). Perbandingan kurs yang cukup jauh tersebut, tentunya membuat biaya selama berada di Eropa sangat tinggi.

Selain itu jarak yang jauh juga membuat biaya transportasi menuju ke sana membutuhkan biaya yang tidak murah. Harga tiket penerbangan dari Indonesia ke Eropa minimal Rp10 juta (pp). Itu pun dengan maskapai budget yang bisa beberapa kali transit dan waktu penerbangan sangat lama. Sedangkan jika ingin menggunakan pesawat yang terkenal nyaman dengan hanya sekali transit dan waktu perjalanan yang lebih pendek, maka biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih mahal sekitar Rp15-20 juta.   

Bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan bila mengunjungi Macau. Mata uang Macau disebut Pataca (MOP) memiliki kurs yang sebanding dengan dollar Hongkong (HKD). Perbandingannya 1 dollar Hongkong (HKD) sama dengan 1,03 Pataca (MOP). Sedangkan jika di kurs kan $1 HKD dengan rupiah menjadi sekitar Rp1.500 an untuk saat ini. Bayangkan perbedaannya jika mata uang Macau dibandingkan dengan mata uang euro, hingga 10 kali lipat.

Masyarakat Macau menerima pembayaran baik dengan mata uang Pataca maupun dengan dollar Hongkong. Sehingga bila sebelum ke Macau, kita berada di Hongkong, maka dollar Hongkong masih dapat digunakan di Macau.

Biaya selama berlibur di Macau terbilang cukup murah. Kurs yang tidak terlalu jauh dengan rupiah menyebabkan harga barang kebutuhan di sana hampir sama dengan di Indonesia. Rata-rata biaya hotel antara Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Biaya makan dan minum juga tidak mahal, hampir sama dengan di Indonesia. Demikian pula dengan biaya-biaya pertunjukan tidaklah semahal di Eropa. 

Biaya transportasi jika menggunakan penerbangan melalui bandara Internasional Hongkong, biaya dari Jakarta sekitar Rp3-6 juta (pp). Kemudian dapat dilanjutkan dengan MTR/subway (kereta bawah tanah) ke pelabuhan Shuntak sekitar 30 menit dan melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam dengan fery, menghabiskan biaya sekitar Rp1 juta (pp). Lihatlah perbedaannya!

Dan, salah satu keuntungan jika berlibur ke Macau, anda juga dapat berlibur ke Hongkong seperti ke Ocean Park, Museum Madame Tussaud dan juga ke Disneyland Hongkong. Menyenangkan bukan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui!

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa jika hanya ingin melihat dan berfoto dengan latar bangunan-bangunan kunonya. Tidak perlu pergi ke Eropa jika ingin ke Disneyland ataupun menonton pertunjukan spektakuler. Cukup pergilah ke Macau yang lebih dekat dan tentunya dengan biaya liburan yang lebih murah. Hanya di Macau anda dapat menjangkau liburan serasa di Eropa meskipun anda masih berada di Asia.